Skip to main content

A Journey To India (Part 4)

Lanjut lagiii... Yah, sedikit demi sedikit akhirnya mulai bisa memahami apa yang orang omongin. Yang bikin agak terkaget-kaget adalah, bahwa dari dua makhluk bule (and I mean Caucasian bule) yang ada di kelas, Stas dan Salvador, ternyata bahasa Inggris mereka juga belibet. English is not their first language, Stas biasa berbahasa Rusia, dan Salvador berbahasa Spanyol. Padahal kan asumsi kita semua orang bule itu lebih mending bahasa Inggrisnya daripada kita yaaa.. Hahahaha.. Malah jauh lebih bagus bahasa Inggris Hellen yang dari Uganda, karena mereka bahasa nasionalnya bahasa Inggris. Kasus khusus untuk Prossie, yang sama-sama dari Uganda juga, aksennya Prossie amat kental. Nyebut bag itu mirip-mirip ma back, dengan akhiran yang lebih lekoh. Godwin yang dari Nigeria juga bagus Inggrisnya, since he studied in England for some time. Yang lainnya, sama ajaaaa ma kitaaa.. Jadi, tenang aja lah, kalo mau ikutan diklat-diklat keluar negeri gitu, pede aja.

OK, so first weekend is almost here. Temen-temen secara ga langsung terbagi jadi tiga kubu: Salvador, Sameh, dan Theo. Salvador emang gila jalan-jalan, tiap sore itu ada aja rencananya dia untuk kesana dan kesini (sekarang agak menyesal karena ga ngebuntutin dia, jadi ga banyak kemana-mana). Salvador berencana ke tempat wisata manaaaaa gitu, naik kereta, yang ngikut Hellen, Prossie, Abu, Godwin, Stas, Arsen. Sameh juga mau jalan-jalan, tapi mau nyantai dulu di mess, yang ngikut Ahmed, Mohammad, Ajmal, Khatib, Sahbi, Anis, Stephen. Theo mau belanja ke pasar tradisional, belanja oleh-oleh. Cocok doonngg ma gw yang juga nyari oleh-oleh segudang. Jadi gw gabung lah ma Theo, bareng Tullu, Muto, Konar. Konar sang orang Sri Lanka agak bisa bahasa India, karena ada beberapa kata yang sama. Mungkin mirip-mirip kayak kita orang Indonesia yang bisa ngerti kalo orang Malaysia ngomong kali yaaa.. Sejak Jumat pagi itu rencana weekend udah mulai disiapin. Konar ngasih ide supaya kita minta ditemenin ma orang lokal, secara di India kan katanya banyak tukang tipu. Akhirnya kita ngobrol ma kru katering di mess, dan ada satu orang yang bersedia nemenin kita ke pasar terdekat.

Hari Sabtu, abis sarapan pagi, guide kita udah ready. Nama pasar terdekat adalah Atta Market. jarak kesana katanya cukup jauh, harus naik tuk-tuk alias bajaj. Akhirnya nyarter bajaj, guide nya yang nawar (pake bahasa India), dan disepakati tarif 600 rupee (Rs. 600) untuk perjalanan pulang pergi. Secara Rs. 100 = Rp. 20.000, murah lah yaaa.. Jalanlah kita. Terus terang di pikiran gw, pasar nya itu bakal kayak Kings gitu lah, agak rapi. Ternyata salaahhh.. Pasarnya ya beneran pasar tradisional, kayak pasar Kircon. Becek disana sini, kios dan kaki lima dempet-dempetan. Stress dong gw liat kualitas barangnya. Padahal maksud hati pengen belanja banyak tapi kualitasnya lumayan lah buat oleh-oleh. Apa daya, hati tak tega. Jadi, keliling-keliling lah bertiga ma Konar and guide, yang lain memisahkan diri. Akhirnya beli gelang-gelang yang khas India gitu dan beberapa baju. Yah, di pasar mah ternyata ga ada suvenir macam gantungan kunci or magnet kulkas, padahal itu yang diincer. Ya sudah lah. Belanja aja apa yang ada. Mau beli kain sari, ga jadi pas liat harganya. Apalagi gw kan ga ngerti kain, bisa ditipu dong. Pas balik ke tuktuk, surprise! Muto beli koper! Kopernya udah penuh ma belanjaan. Dan Theo ma Tullu belanja celana, sendal, pokonya barang-barang sehari-hari buat oleh-oleh. Belanjaan mereka juga banyak banget! Ternyata oh ternyata, mereka lebih gila belanja dari pada gw.

Hari Minggu nya jalan ke mall terdekat dari mess, Shipra Mall. Temen-temen yang lain hampir tiap hari ke Shipra, saking bosennya di mess kurang hiburan. Sementara gw cukup bahagia bisa nonton TV kabel dan leyeh-leyeh seharian. Mereka belanja ini itu, kecuali rokok, bir/minuman keras lain yang ga dijual di mall/supermarket. Tapi mereka ga menyerah, mereka nanya sana sini sampe akhirnya nemu dimana yang jual bir, rokok, dll. I've got to tell you this: when you're abroad, a simple "dari mana?" from a fellow Indonesian is like a piece of heaven. Gw ketemu ma sesama Indonesia di mall itu. Bahagianyaaaaa waktu dia negur, walau bingung, kok dia bisa tau kalo gw orang Indonesia. Ternyata cara make jilbabnya orang Indonesia itu khas, hanya dipakai di Indonesia atau Malaysia. Jadi dia gambling aja nanya. Namanya Mas Ismail, kerja di India, dan baru aja dipindah ke Noida. Jadilah gw nanya-nanya ke dia, nanya money changer and western union lah (ini khusus buat Hellen ma Prossie yang udah kekurangan duit di minggu-minggu awal), nanya ini lah, nanya itu lah. Rasanya bahagia banget bisa ngomong bahasa Indonesia setelah sekian lama *lebay*.

Weekend kedua kita ke Taj Mahal! Di arrange ma panitia, jadi tinggal duduk manis naik bis. 4 jam perjalanan Noida-Agra, via jalan tol. Sebelum jalan tol, pemadangan di luar itu either pembangunan yang belom kelar, kios-kios atau rumah butut nan berdebu, atau gundukan sampah. A bit thankful that my Indonesia is not as bad as this. Berenti di rest area untuk pipis dan ngelempengin kaki. Toilet nya lebih jorok daripada di tanah air. Berbekal banyak tissue dan ngabis-ngabisin air untuk siram sana siram sini, berhasil juga pipis di toilet. Bis ga bisa parkir deket-deket pintu masuk Taj Mahal nya, jadi kita disewain semacam mobil gitu. Tiket masuk ke Taj Mahal entah berapa, soalnya dibeliin ma panitia. Masuk Taj Mahal itu semua tas lewat ke mesin X-Ray, dan kita di body check ma petugas. Body check beneran, yang sekujur tubuh di grepe-grepe. Untungnya dipisahin antara yang cewek ma cowok. Abis itu, masuklah ke Taj Mahal. Dasar gw ga googling dulu, gw clingak clinguk dong nyari bangunan putih itu. Kok ga nemu yaaaa.. Ternyata kita masih di entrance nya. Itu panitianya bener-bener kurang berguna, bukannya jelasin ma kita tentang Taj Mahal, malah diem aja atau asik sendiri. Yah, bersyukur aja lah udah dibayarin kesini. 

Me on the bus, on the way to Taj Mahal
Dan akhirnya, setelah jalan kaki, lewatin bangunan gede, nongol lah bangunan putih itu di depan mata. Kesan pertama: panas mentrang! Sengaja ga banyak pohon kali yaaa, biar Taj Mahal nya menonjol depan mata. Trus kita foto2 depan Taj Mahal. Godwin is being super nice, he accommodates my narcistic needs. Hahahaha.. Masuk ke dalem Taj Mahal harus pake pelapis sepatu, biar ga kotor kayanya sih. Di dalem penuh gila, cuma muter doang serasa tawaf, dan ga boleh poto2. Desek-desekan berasa antri sembako. Ga papa lah, mumpung gratis.

I've done Taj Mahal, yaay!
A closer look to the Taj Mahal
Our group photo. Left to right, top row: Mohammad, Muto, Ajmal, Khatib, Sameh, Ahmed, Anis, Sahbi, Stas, Tullu, Konar, Abu. Second row: Salvador, Prossie, Arsen, Theo, Stephen. Bottom row: Godwin, Me, Hellen.
Puas di Taj Mahal, balik ke Noida. Makan siang pake burger McD di bis, biar ga kemaleman nyampe mess. Badan udah keringetan, bersyukur banget di bis ACnya lumayan dingin. Nyampe mess, langsung mandi. Trus ngaca. And surprise! Jidat gw gosong! Bagian yang ketutupin ma jilbab jauh lebih putih. I'm a human zebra! Oh no! Pulang ke Indonesia harus segera perawatan.

Hari Minggu kita ke mall yang lain, yang namanya keren: The Great India Place (TGIP). Hellen ma Prossie udah pernah kesana, dan mereka pengen makan enak (note: makan enak means makan KFC). Prossie ngeluuuuhh terus bahwa makanan di mess ga pantas, inappropriate for international guests and event. Jadi dia bertekad, minimal seminggu dua kali itu harus makan makanan yang pantas. Biasanya kita ke Shipra Mall hari Rabu sore abis kelas, makan KFC karena promo buy 1 bucket chicken get 1 bucket chicken tiap Rabu. Jadi kita biasa pergi berempat ma Godwin, beli 1 bucket chicken isi 4, yang artinya kita bakal dapet 8 potong ayam. Makan ayam KFC berasa balik ke Indonesia, lumayan ngurangin home sick. Sayangnya ga ada sambel. So, kalo ke luar negeri, sambel sachet gitu jangan sampe lupa deh.

Anyway, karena mereka udah pernah ke TGIP, ya gw percaya lah ma mereka pas nawar tuktuk. Mereka bilang, Rs. 100 buat ke TGIP udah cukup. Rs. 100 buat bertiga yaaa, bukan Rs. 100 masing-masing. Mereka pernah hampir ditipu juga ma supir tuktuk, disuruh bayar Rs. 100 masing-masing. Makanya mereka wanti-wanti banget ke gw, bahwa kita harus mastiin si supirnya ngerti bahwa kita akan bayar Rs. 100 itu bertiga, bukan masing-masing. Setelah dapet tuktuk, jalan lah ke TGIP. Jaraknya lumayan, dan lalu lintas di India itu bisiiinnnnggg banget. Mereka doyan pencet klakson dengan emosi tinggi. Mau mobil bagus, mobil jelek, tuktuk, nyetirnya sama aja ngaconya. Langgar peraturan sana sini, klakson sana sini, salip sana sini. Bikin stress berat. Pas nyampe TGIP, bahagia banget karena mall nya gede. Belanja baju dengan bahagia karena ada price tag nya, jadi ga usah nawar dan ga usah takut ditipu. Bajunya lucu-lucu, jadi agak kalap belanjanya. Trus makan enak. Pulangnya naik tuktuk lagi, dengan rute yang sedikit berbeda. Lewat sebuah pasar yang tampak familier. Gw tanya Prossie, itu pasar apa ya? Kata Prossie, itu Atta Market. The very same Atta Market which I paid Rs. 600 back and forth, and gave some tip money to the guide! Gila yaaaaa... Bahkan "panitia"nya pun ga bisa kita percaya dan nipu kita mentah-mentah. Padahal kita percaya ma dia. Makin harus ati-ati disini.

Untungnya di NITS ada wifi, walau kadang byar pet juga koneksinya. Dan untungnya lagi, gw dan cewek-cewek plus beberapa cowok dapet kamar mess yang deket ma ruang kelas. That means, wifi nya nyampe ke kamar. Hehehehe.. Walau gitu, ternyata Hellen udah keabisan pulsa internet di minggu kedua. Mungkin gara-gara pas ke Agra, yang notabene masih India juga, kita semua kena roaming. That's right, kena roaming. Padahal cuma pindah kota kayak Bandung ke Cirebon gitu kaaann... Berasa balik ke Indonesia di tahun 2000an, dimana tiap keluar kota harus ngisi pulsa dulu banyak-banyak karena bakalan kena roaming, bahkan untuk nerima telepon. Anyway, Hellen nanya ma gw, which is a big mistake, gimana caranya isi ulang pulsa. Pastinya gw jawab ga tau, karena gw emang belom isi pulsa. Trus gw tanya, kalian dapet SIM card dari mana? Ternyata panitia ada yang mengkoordinir pembelian SIM card. Gw tanya, harganya berapa. Jawabnya Rs. 300 dengan paketan internet blablabla. And I'm shocked! Paketan internetnya sama persis ma gw, dan gw beli tu SIM card di bandara dengan harga Rs. 1200. Providernya samaaaa... Gw beli di booth resmi di bandara! Ga relaaaaaaa... Gw kena tipu!

Lanjut di part 5 yaaa... Masih banyak nih cerita nya.

Comments

Popular posts from this blog

Tick Tock Escape

I should have wrote this review sooner . Akhir-akhir ini lagi happening banget game detektif-detektif-an atau puzzle rooms . Awalnya denger tentang game ginian dari adikku tersayang, karena di Jakarta katanya nge- trend banget. Dia yakin aku bakalan suka game ini dan ngajakin main di Bandung. Salah satu tempat yang eksis banget itu namanya Ticktock Escape Room di Ciwalk Bandung. Awalnya nyoba main room yang level medium , pilihannya The Mansion's Heist atau Murder at Opera House. Kita main bertiga: aku, adikku, dan sepupuku. Biayanya lumayan sekali main, di atas 100 rb per orang. Biaya dan info lebih lengkap bisa liat disini . Lebih banyak pemainnya, biaya per orang nya jadi lebih murah. Kita nyoba main di Murder at Opera House. Sebelum masuk, semua HP dan tas harus disimpan di loker yang ada di luar ruangan. Pokonya masuk ke dalam ruangan itu hanya bawa diri sendiri aja, ga bawa pulpen atau apapun. Lebih baik booking dulu sebelum main, supaya room yang kita mau

A Journey To India (part 2)

So, kemaren sampe mana ceritanya? Ngurus-ngurus dokumen ya? Well, here's some more. Flight gw jam 11.50 siang dari Cengkareng, naik Malaysia Airlines. Yep, the famous MH flights yang ada di berita akhir-akhir ini. Berangkat naik Primajasa jam 5 pagi, dan pas sebelom berangkat tiba-tiba ibu naik ke bis hanya untuk ngasih tasbih. Tasbih! Bikin makin gimanaaaaaa ga sih? Hehehehe.. Well , bismillah. Here I go! Yang bikin deg-degan sebenernya adalah will I make it ? Karena biasanya pergi dinas kan berdua. At least kalo ada apa-apa, ya ada temennya. Ini sendirian banget. Serius, gw takut. Apalagi dengan tensi yang masih tinggi, ngukur sebelum berangkat di 150/100. Tapiii yaaa dijalani aja. Berangkat jam 5, nyampe bandara jam 8an. Kepagian. Mau check in , nunggu dulu lah jam 9an. Nongkrong sendirian kayak orang bingung di bandara. Sarapan roti di kursi tunggu yang di luar gate, so sad actually . I feel all alone. Abis sarapan, minum obat, nongkrong, bengong, akhirnya memut

Buang sampah

from pexels.com Selalu miris kalo liat ada yang buang sampah sembarangan. Baik itu dari mobil dilempar ke luar, buang sampah di dalam angkot, atau sambil jalan kaki dilempar aja sampahnya dengan cuek. Tapi paling miris kalo liat ada anak kecil yang ngasihin sampahnya ke ibunya, lalu ibunya dengan enteng ngebuang sampahnya gitu aja ke selokan atau jalan.  Is it so hard to keep your trash with you until you find a trash can?? Apa susahnya ngantongin bungkus permen sampe nemu tempat sampah? Atau masukin bungkus makanan ringan ke tas sampe nyampe rumah dan lalu dibuang di tempat sampah? Dari kecil, gw selalu diajarin Ibu untuk ngantongin atau megang sampah (bungkus permen, botol minum kemasan, bungkus makanan ringan) sampe nemu tempat sampah atau sampe pulang ke rumah. Tapi kenapa orang tua jaman sekarang kebanyakan ga seperti itu? Padahal mereka yang paling kenceng protes kalo rumahnya kebanjiran karena selokannya penuh sampah. Mereka juga yang suka bi