Skip to main content

A Journey To India (part 2)

So, kemaren sampe mana ceritanya? Ngurus-ngurus dokumen ya? Well, here's some more.

Flight gw jam 11.50 siang dari Cengkareng, naik Malaysia Airlines. Yep, the famous MH flights yang ada di berita akhir-akhir ini. Berangkat naik Primajasa jam 5 pagi, dan pas sebelom berangkat tiba-tiba ibu naik ke bis hanya untuk ngasih tasbih. Tasbih! Bikin makin gimanaaaaaa ga sih? Hehehehe.. Well, bismillah. Here I go!

Yang bikin deg-degan sebenernya adalah will I make it? Karena biasanya pergi dinas kan berdua. At least kalo ada apa-apa, ya ada temennya. Ini sendirian banget. Serius, gw takut. Apalagi dengan tensi yang masih tinggi, ngukur sebelum berangkat di 150/100. Tapiii yaaa dijalani aja. Berangkat jam 5, nyampe bandara jam 8an. Kepagian. Mau check in, nunggu dulu lah jam 9an. Nongkrong sendirian kayak orang bingung di bandara. Sarapan roti di kursi tunggu yang di luar gate, so sad actually. I feel all alone. Abis sarapan, minum obat, nongkrong, bengong, akhirnya memutuskan untuk check in di jam 9.15.

Masuk ke dalem airport, MH untuk penerbangan gw belom buka counternya. Tapi nekat aja lah, siapa tau boleh check in duluan. Ternyata boleh. Abis check in, bingung mau ngapain. Akhirnya, dengan kepala agak keliyengan, nyari lounge buat nongkrong. Kata Bapak ada BNI lounge. Dicari-cari kok ga nemuuu.. Ya sudahlah, beli Lindt Dark Chocolate, makan sepotong dengan harapan tensi turun, trus nongkrong deket boarding room.

Boarding time! Naik pesawat, dan disebelah gw kosong. Yaay! Gw minta duduk di isle, biar gampang kalo mau ke toilet. Isi pesawat masih familiar muka-mukanya. Melayu, Indonesia, bule... Landing di KLIA (Kuala Lumpur International Airport) dengan sukses, dan punya sekitar 2 jam buat keliling-keliling bandara. Karena masih ga tau medan, yang pertama dilakuin adalah cari musholla. Duh, ngiri banget ma KLIA. Bersih dan modern banget. Penyesalan pergi sendirian mulai melanda, karena ga bisa poto-poto. Di airport ada wifi, jadi bisa WA-an ma Ibu, Bapak, dll. Sialnya, karena bisa WA, jadi ngurusin interkomparasi juga deh, kasih instruksi ke Andit. Wkwkwkwk..

Nyempetin selfie dengan susah payah di KLIA. Butuh tongsis!

Kepala masih kliyengan dikit. Coklatnya dicemil lagi. Terus jalan pelan-pelan ke boarding room. Boarding nya di terminal yang berbeda, jadi harus naik trem. Again, iri ma KLIA. Kapan di Soetta ada trem juga? Di tengah jalan merasa lapar berat. Lapar selapar-laparnya. Binguuuuung harus ngapain, ga punya dollar ga punya Ringgit. All I got only Rupiahs and Rupees... Liat Burger King, lalu inget kalo di luar negeri biasanya bisa bayar McD dan kawan-kawannya itu pake CC. Jadi dengan nekat, masuk ke Burger King, clingak clinguk nyari mesin debit, dan sebelom mesen nanya dulu ke Mbaknya sambil berdoa kenceng: Can I pay using credit cards? Mbaknya sempet ngeliatin gw dulu sebelom ngejawab, bikin gw merasa makin bodoh. Dan akhirnya dijawab: YES! Uuuuh, itu rasanya bahagiaaa banget. Langsung pesen burger, hanya burger karena minum mah nyari aja yang gratisan di airport. Hihihi... Makan burger dengan penuh kenikmatan. Ternyata gw beneran salatri.

Burger King penyelamat nyawa...
  Abis makan, rada segeran dikit. Jalan pelan-pelan ke boarding room sambil menikmati bersihnya KLIA. Nyampe di boarding room, wajah-wajah India bertebaran dimana-mana. Agak-agak serem karena cowoknya gede-gede, so akhirnya duduk agak merapat ma cewek bule yang udah ibu-ibu gitu.  Pertanyaan yang sampe saat ini belum terjawab: kenapa kalo mau boarding di penerbangan internasional selalu harus ngeluarin laptop dari tas DAN dari casingnya sebelum dimasukin ke mesin X-Ray???? Bikin riweuh pisan. Eh, tapi ditegur sih sama mas-mas nya, ditanya dari mana? Dijawab dari Indonesia. Lalu dibalas lagi, pantas cantik. EHM! Langsung agak merona gitu deh gw.... Maklum, kelamaan ga ada yang muji cantik. Hehehehehe..

Masuk pesawat, again, kursi sebelah gw kosong. Asli itu gw bersyukur banget. I was so afraid that I'll stuck with a grumpy Indian or stinky ones. Hmm... sayang hal itu tidak berlangsung lama. Belom ada satu jam terbang, tiba-tiba ada pramugari nyamperin gw yang lagi duduk tenang di kursi isle untuk geser ke kursi window karena ada penumpang yang ga puas sama kursinya. Ga usah nyari ribut lah yaaaa, akhirnya gw geser sambil deg-degan semoga orang itu ga grumpy. Untungnya, walau masang muka keruh, tapi Oom India itu (Oom, karena kira-kira sih dia seumuran ma bokap gw) ga ngomel-ngomel ma gw. Gw berusaha tidur, karena bosen juga kan di pesawat. Ga lupa: ngecharge HP! Tips for everyone, toh selama di pesawat juga HP ga fungsi kecuali buat main game atau denger musik, bawa charger deh, yang colokannya USB kayak kabel data gitu. Karena di penerbangan internasional, yang biasanya waktu tempuh cukup lama, biasanya ada charger di tiap kursi. So, sampe di tujuan, batre HP full dan siap tempur.

USB port buat charger, posisi kanan tengah, di pinggir remote.

Have a quite bumpy ride in the end of the flight, but landed safely. Ga terlalu sempet mengagumi Indira Gandhi Airport, karena fokus utama adalah nyari signage menuju baggage claim. Bagasi nongolnya alhamdulillah agak cepet, lalu agak tegang nyari pintu keluar. Ups, lupa, lewat imigrasi dulu. Imigrasi aman, eh kok di depan sana ada keramaian ya? Ternyata, perjalanan menuju gerbang keluar tersendat karena ada pemeriksaan paspor lagi, dan antrian periksa paspornya ga tertib. Ga ngerti juga kenapa harus diperiksa lagi paspor ma visa nya, kan tadi udah di imigrasi? Anyhoo, dengan deg-degan dan desek-desekkan, akhirnya sampe juga ke pintu keluar.

Inget-inget instruksi dari Mr. Deepak, katanya di pintu keluar atau di Gate 5 akan ada yang nunggu sambil bawa plang nama gw. Okeeee, di pintu keluar kayanya ga ada yang bawa plang nama gw.... Balik sekali lagi untuk mastiin, dan ga ada. Dimanakah letak Gate 5? Serius, agak serem karena udah malem di negeri orang, sendirian, plus denger cerita-cerita tentang ga amannya India. Akhirnya nanya sama Pak Penjaga Airport, dimana Gate 5. Ditunjukin, dan segera menuju sana. Dan.... tetep ga ada orang yang bawa plang nama gw. Bingung, tapi lalu inget bahwa ada nomer-nomer telpon yang bisa gw hubungi kalo ga ketemu ma taksi yang jemput.

Nyari telepon umum, ngasih tau nomer yang mau dihubungi, dan disambungin. Gw bilang ma orang taksinya bahwa gw ga nemu supir yang harusnya jemput gw. Dia bilang tunggu aja disana, nanti ditelpon dulu supirnya, dan dia akan nelpon balik ke gw. Ga berapa lama telpon itu bunyi, tapi si Mas nya ga mau angkat telpon, malah diputus. Ngerti sih gw, itu pasti nyuruh gw untuk nelpon lagi ke orang taksi biar dia dapet duit ekstra. Okeeeyy, kita telpon lagi tuh orang taksi. Dia nanya gw pake baju apa, gw bilang baju kuning (bersyukur gw milih pake baju ngejreng jadi gampang dikenali), dia bilang taksi gw no 192 dan nunggu di deket pos polisi di luar airport.

Gw tanya berapa biaya nelponnya, dijawab 10 rupee, means Rp. 2000 an. Mau bayar pake duit rupee gw yang pecahan Rs. 1000, jelas ga ada kembalian. Bingung nuker duit dimana. Lalu liat mini market, beli air mineral Rs. 40, pas bayar dibilangin lagi ga punya kembalian. Lalu aku harus nuker dimanaaaaa???? Akhirnya nyari money changer, memohon supaya duit Rs. 1000 gw dipecah, dia cuma punya pecahan paling kecil Rs. 100, ya ga papa lah. Balik lagi ke mini market, beli air. Dapet kembalian, lalu bayar telepon. Lucunya, pas nyamperin Mas telepon untuk bayar, si Mas nya keliatan agak kaget gitu. Mungkin dia sangka gw bakal kabur tanpa bayar kali yaaa, secara dari tadi nuker duitnya lama banget. Gw bilang dalem hati, Mas, saya mah ga akan nyari gara-gara, lagi di negeri orang. Ga mau dapet karma buruk...

Sebelum keluar airport, mampir dulu di booth Airtel buat beli SIM card. Nanya berapa harga SIM card, dijawab dengan: bakal tinggal di India berapa lama en dimana? Karena kaget, dijawab spontan bakal tinggal di Noida 1 bulan, pokonya saya perlu paket data yang cukup untuk sebulan, berapa harganya? Dijawab lagi, sini HPnya, saya setting-in. Ya sudah, gw kasih HP gw, trus paspor gw (butuh buat data) dan isi formulir. Nunggu beberapa lama untuk disettingin HPnya, lalu besok pagi disuruh nelpon ke nomer tertentu untuk verifikasi dan aktifin paket. Akhirnya dia ngeluarin kalkulator, dan ngetik disitu harga SIM card nya: Rs. 1205. Whaaat?? Tapi lalu otak ngonversiin ke rupiah dan mendapat angka Rp. 250.000 something. Dipikir-pikir, paket telkomsel aja Rp. 150rb sehari, wajar lah yaaaa Rp. 250rb buat sebulan? Ya sudah, bayar Rs. 1200 (didiskon 5 rupee doaanngg). Cek pulsa, ada 1 GB data dan 300-an rupee buat pulsa nelepon.

Dengan deg-degan, gw keluar airport, nanya ma penjaga dimana sih letak pos polisi, dan menuju kesana. Gw pikir no taksi itu bakal kayak di Bandung or Jakarta lah ya, tercetak gede-gede di pintu/kaca mobilnya. Clingak clinguk nyari, ga ada no 192. Clingak clinguk, kok ga ada yang tampaknya lagi nunggu gw. Makin lama disitu, kok makin merasa diliatin orang, parno. Akhirnya setelah 10-15 menit, balik masuk ke airport. Clingak clinguk disana, masih ga ada yang bawa plang nama. Lalu nyamperin penjaga, minta masuk lagi ke airport karena mau cari yang jemput. Penjaganya bilang ga boleh masuk lagi, kan udah keluar. Duuuh, gw bingung ini gimanaaa.. Akhirnya penjaganya kasian liat gw bingung, gw disuruh nulis nama di kertas, biar dia yang cariin ke dalem. Pas lagi nulis nama gede-gede di balik print-an tiket, ada yang nanya: Miss Putri? Supir gw nyamperin akhirnya!!! Seneng banget liat dia bawa kertas yang ada nama gw, berarti ga mungkin salah orang. Akhirnya bilang makasih sama Pak Penjaga, lalu ngikutin Mas supir.

Supir gw ngajak jalan ke parkiran, dia bilang udah nungguin gw di pos polisi setengah jam lebih tapi gw ga nongol-nongol. Gw bilang juga, saya juga nungguin, kamu ga ada. Pas sampe mobil, gw masih nyari tuh nomer taksi 192, kok ga ada di badan/jendela taksinya. Lalu pandangan gw terarah ke..... PLAT NOMER MOBIL! DL 192!! Pengen nangis setelah menyadari kebodohan yang disebabkan miskomunikasi. Ampe lebaran monyet juga ga bakal ketemu tuh nomer taksi kalo itu ternyata adalah plat nomer mobil dan bukan nomer identitas taksi seperti yang gw kira.

Nama supir taksinya Rajit. Ga banyak ngobrol secara udah malem, jam set11 an. Di jalan lewat India Gate, dia ngasih tau bahwa itu salah satu objek wisata di Delhi, gw liat dan agak terpesona liat indahnya. Efek lampunya bikin India Gate terlihat megah. Agak heran karena jam segitu jalanan masih rame. Di Bandung mah jam segitu udah sepi banget. Ternyata kata Rajit, orang Delhi banyak yang baru pulang jam segini. Soalnya kalo pulang sore, macetnya luar biasa. Menuju Noida kurang lebih 40 menit dari airport.

Cerita selama gw di India disambung di postingan berikutnya yaaa..

Comments

Popular posts from this blog

Tick Tock Escape

I should have wrote this review sooner . Akhir-akhir ini lagi happening banget game detektif-detektif-an atau puzzle rooms . Awalnya denger tentang game ginian dari adikku tersayang, karena di Jakarta katanya nge- trend banget. Dia yakin aku bakalan suka game ini dan ngajakin main di Bandung. Salah satu tempat yang eksis banget itu namanya Ticktock Escape Room di Ciwalk Bandung. Awalnya nyoba main room yang level medium , pilihannya The Mansion's Heist atau Murder at Opera House. Kita main bertiga: aku, adikku, dan sepupuku. Biayanya lumayan sekali main, di atas 100 rb per orang. Biaya dan info lebih lengkap bisa liat disini . Lebih banyak pemainnya, biaya per orang nya jadi lebih murah. Kita nyoba main di Murder at Opera House. Sebelum masuk, semua HP dan tas harus disimpan di loker yang ada di luar ruangan. Pokonya masuk ke dalam ruangan itu hanya bawa diri sendiri aja, ga bawa pulpen atau apapun. Lebih baik booking dulu sebelum main, supaya room yang kita mau

Training online? Makhluk apa itu?

Pernah denger training online? Makhluk apa sih itu? 😅 Awalnya baca postingan FB seorang teman lama, dia abis ikut training menulis secara online dan lagi gencar-gencarnya mempromosikan training tersebut. Trus mikir, hmm... should I try this kind of training? Secaraaaa biasanya kalo ikutan training/diklat/kursus/whatever the name is, selalu ikut secara offline. Offline, artinya masuk kelas, ketemu muka sama yang ngajar, have a one on one experience at some point. Tapi lalu mikir, dengan hectic nya kerjaan saat ini (my schedule until Indonesia’s Independence Day already full booked), kapan gw punya waktu untuk training offline? Sementara blog ini semakin lama semakin berdebu dan telantar, bahkan draft blog post pun ga nambah-nambah. Padahal masih punya utang nyelesein cerita Japan trip tahun lalu. Yes, tahun lalu berangkatnya. Ceritanya ga kelar-kelar ampe sekarang. Hiks. 😭 Taken from Rahayu Asda post on FB Akhirnya setelah banyak mikir, daftar deh buat ikutan Tr