Skip to main content

A Journey To India (part 3)

OK, lanjut lagiiii... I think I might end the journey in this part, makes it a trilogy. Or a tetralogy... We'll see.

Nyampe tempat training, alias NITS - National Institute for Training Standards, udah malem. Jam 11-12an kalo ga salah. Udah parno aja kalo bakalan harus gedor-gedor kamar yang jaga mess. Alhamdulillah-nya, yang jaga mess udah nungguin di depan NITS. Isi data diri di buku tamu, terus koper diturunin ma Rajit sang supir taksi. Say thank you and goodbye to him, dan masuk ke NITS. Kesan pertama, pabalatak! NITS lagi direnov, debu dimana-mana. Koper digeret sama penjaga mess, dan gw dapet kamar no 04. Masuk kamar, berasa banget di India panash. Penjaga mess nyalain lampu, kipas angin, trus nyalain AC. Dia nunjukin makanan di meja kecil di samping tempat tidur, makan malem gw. Trus dia keluar, ngucapin selamat istirahat.

My very first dinner in India: Chapati, boiled chicken, french fries, macaroni, boiled vegetables, dal.

Kamarnya alhamdulillah masih layak, walau dinding ada yang retak-retak dikit. Karena gw dipesenin ma Pak Direktur sebelum berangkat supaya ga kaget dan jangan berharap apa-apa, secara di India masih lebih bawah dari Indonesia, so ngeliat kamar yang cukup bersih, kasur spring bed dengan sprei putih, ada kain pelapis sprei, selimut, TV, kamar mandi dalam, I'm quite thankful that the room is still humane. Saking panasnya disana, gw jadi inget masa-masa waktu kerja di Purwakarta. Panas lembap, ngelekeb kalo kata orang Sunda mah. Aslina pengen mandiiii... Badan rasanya lengket berat, pliket. Akhirnya bongkar koper secukupnya, hanya untuk ngeluarin baju tidur dan alat mandi, dan masuk ke kamar mandi.

Di kamar mandi ada handuk putih, ember, dingklik, dan ciduk berbentuk gelas takaran dari plastik. Wastafel lumayan bersih, ada shower, kloset duduk, alhamdulillah, ga ada kecoa. Buka baju dengan niat mandi, nyamperin shower, dan muter keran. Ga keluar air. Mulai panik. Puter-puter keran lagi, ke kanan, ke kiri, tetep ga keluar air. Masa air dimatiin kalo malem? Wah, kalo bener gitu, gawat dong. Harus ngisi ember tiap malem. Coba jetshower kloset, nyala. Wastafel juga ada air. Ya udah lah, udah cape juga. Besok aja lagi mandinya, semoga air udah nyala. Jadi cuma cuci muka, trus makan malem, trus tidur. Wondering, besok training mulai jam berapa, sarapan jam berapa. Ga ada orang yang bisa ditanyain karena udah malem. So, mengingat jadwal training kalo di Indonesia, gw memutuskan akan bangun jam 6, dan jam 7 keluar kamar buat sarapan, jam 8 siap mulai training.

Seperti biasa, di tempat baru, plus belum mandi, agak susah untuk tidur. Gulang guling, padahal badan cape, tapi mata melek. Akhirnya bangun jam 5an, ke kamar mandi nyoba muter keran shower, dan masih mati. Akhirnya wudhu di wastafel dengan susah payah. Trus gulang guling lagi. AC ga terlalu dingin, jadi makin keringetan. Jam 6 pagi, nyoba lagi muter keran shower, masih ga nyala. Ngintip keluar pintu kamar, sepiiiii ga ada orang. Balik lagi ke kamar mandi, cuci muka di wastafel, lalu menyadari bahwa air di wastafel ngalirnya gede. Hmmm... kok bisa yaa? Lalu menyadari lagi satu hal yang udah dilakuin dari malem tadi untuk buka keran wastafel, kerannya bukan diputer tapi diangkat. Buru-buru nyoba ngangkat keran shower, dan ternyata nyalaaaaa!!!! Stupiiiiidddd!!! Harusnya dari semalem bisa mandiiii.. Ya sudahlah, pokonya sekarang bisa mandi walau pake air dingin. Kelar mandi dan dandan, keluar kamar lah jam 7 pagi. Masih sepi aja, ga ada yang bisa ditanya. Masuk lagi ke kamar, nyetel TV sambil pasang kuping siapa tau ada tanda-tanda kehidupan diluar sana.

Jam 8an mulai terdengar ada tanda-tanda kehidupan. Buru-buru keluar, berharap ketemu seseorang. Di ruang makan ada seseorang! Langsung nyamperin, trus nanya biasanya sarapan mulai jam berapa. Dijawab jam setengah 9. Wew! Padahal gw udah lapar. Makanan semalem masih ada sisanya sih, dan udah gw cemil dari tadi dikit-dikit. Ya udah, balik lagi ke kamar, nunggu jam setengah 9.

Setengah 9 pagi tiba. Gw keluar kamar, menuju ruang makan. Udah ada beberapa staf katering lagi sibuk nyiapin makanan. Say hello, tebar senyum, trus sarapan. Temen-temen yang lain baru mulai bermunculan setelah gw sarapan 10 menitan. Udah pada siap, bawa tas yang isinya pasti bahan training. Gw senyum-senyum doang, bingung mau ngobrol apa. Mereka langsung masuk kelas, nyimpen tas, baru pada keluar lagi untuk sarapan. Sementara gw cengo, bingung nyari panitianya dimana. Oh, dan gw juga merasa saltum, karena gw pake baju putih-item, khas training di Indonesia, sementara mereka pake kemeja berwarna atau jas/blazer.

Prasmanan ala India
"Hello, Miss Putri?", tiba-tiba gw disamperin ma sesosok orang India yang agak putih kulitnya. Ternyata dialah Mr. Deepak. Dia nanya semalem gimana perjalanan gw, ngasih bahan training (stress liat bahan trainingnya tebel di dalam tas laptop yang juga tebel dan berat. Apa kabar koper dan bagasi gw pulang nanti???), dan ngajak gw ke kelas. Disitu dia ngumumin bahwa gw adalah teman baru mereka, dan gw dipersilakan duduk dimana aja. Ada dua cewek di kelas, African I'm sure, jadi gw merapat lah ke mereka. Yang satu senyum manis, ngajak kenalan, namanya Hellen dari Uganda. Satunya lagi super judes, ampuuuun, galak bener. Mata melotot, diajak kenalan jawabnya dengan muka lempeng: XXXsi... (XXX disini karena dia ga jelas nyebut namanya. Hehehehe, ga jelas, atau gw nya yang ga denger.)

Di sebelah ada cowok bule, namanya Salvador dari Chile. Ada juga Konara dari Sri Lanka. Kebanyakan sih dari Afrika gitu. Stephen dari Ghana, Godwin dari Nigeria, Khatib dari Tanzania, Muto dari Zimbabwe, Tullu dan Theo dari Ethiopia. Ada juga Arsen dari Kyrgyzstan, Abu Baker dari Sudan, Stas dari Belarus, Ahmed dan Sameh dari Mesir, Sahbi dan Anis dari Tunisia, Mohammad dan Ajmal dari Afghanistan.. I got a lot of new friends! It's gonna be fun.

Pelajaran pertama: memahami aksen orang India. Sumpahnyaaaaaa gw ga ngerti guru di depan kelas itu ngomong apa. Apalagi ternyata dia adalah guru di hari kemarin, dan ngasih PR (helloooo, gw pasti ga ngerjain dong!). PRnya dibahas rame-rame, tiap orang jawab giliran. Pas giliran gw, alhamdulillah dilewat karena gw anak baru. Trus orang India itu lucu yaa, kalo ngomong kepalanya pasti goyang-goyang gitu. Agak distractive, tapi ya sudahlah.

Pelajaran kedua: memahami aksen temen-temen sekelas. Ya Allah, aksen tiap negara itu beda-beda pake banget. Agak malu karena gw berkali-kali ngomong "what?" (bahkan bisa sampe lebih dari 3x, bayangkan!) tiap ada yang nanya ma gw. Gw merasa cupu dan bodoh. Hari berlalu, dan gw dikasih tau ma Hellen kalo pas hari kerja, kita dapet makan 3x sehari. Sabtu Minggu dapet sarapan, tapi kalo mau makan siang dan malam di mess, harus daftar dulu dan bayar. Jadwal training cuma di hari kerja, dan weekend pertama ga ada acara yang di-arrange ma panitia, so kita bebas mau kemana aja. Tiap hari ada jam malam, harus udah balik mess sebelum jam 9 malam. 

Our class room
Hmm, I guess I'll make this a tetralogy. Too much to share for a trilogy. So, wait for the next post. And I'm sorry it took me so long to post this part. I've got so much in my mind that this chapter was forgotten. I'll try to post the last part at the soonest.

Comments

Popular posts from this blog

Tick Tock Escape

I should have wrote this review sooner . Akhir-akhir ini lagi happening banget game detektif-detektif-an atau puzzle rooms . Awalnya denger tentang game ginian dari adikku tersayang, karena di Jakarta katanya nge- trend banget. Dia yakin aku bakalan suka game ini dan ngajakin main di Bandung. Salah satu tempat yang eksis banget itu namanya Ticktock Escape Room di Ciwalk Bandung. Awalnya nyoba main room yang level medium , pilihannya The Mansion's Heist atau Murder at Opera House. Kita main bertiga: aku, adikku, dan sepupuku. Biayanya lumayan sekali main, di atas 100 rb per orang. Biaya dan info lebih lengkap bisa liat disini . Lebih banyak pemainnya, biaya per orang nya jadi lebih murah. Kita nyoba main di Murder at Opera House. Sebelum masuk, semua HP dan tas harus disimpan di loker yang ada di luar ruangan. Pokonya masuk ke dalam ruangan itu hanya bawa diri sendiri aja, ga bawa pulpen atau apapun. Lebih baik booking dulu sebelum main, supaya room yang kita mau

A Journey To India (part 2)

So, kemaren sampe mana ceritanya? Ngurus-ngurus dokumen ya? Well, here's some more. Flight gw jam 11.50 siang dari Cengkareng, naik Malaysia Airlines. Yep, the famous MH flights yang ada di berita akhir-akhir ini. Berangkat naik Primajasa jam 5 pagi, dan pas sebelom berangkat tiba-tiba ibu naik ke bis hanya untuk ngasih tasbih. Tasbih! Bikin makin gimanaaaaaa ga sih? Hehehehe.. Well , bismillah. Here I go! Yang bikin deg-degan sebenernya adalah will I make it ? Karena biasanya pergi dinas kan berdua. At least kalo ada apa-apa, ya ada temennya. Ini sendirian banget. Serius, gw takut. Apalagi dengan tensi yang masih tinggi, ngukur sebelum berangkat di 150/100. Tapiii yaaa dijalani aja. Berangkat jam 5, nyampe bandara jam 8an. Kepagian. Mau check in , nunggu dulu lah jam 9an. Nongkrong sendirian kayak orang bingung di bandara. Sarapan roti di kursi tunggu yang di luar gate, so sad actually . I feel all alone. Abis sarapan, minum obat, nongkrong, bengong, akhirnya memut

Buang sampah

from pexels.com Selalu miris kalo liat ada yang buang sampah sembarangan. Baik itu dari mobil dilempar ke luar, buang sampah di dalam angkot, atau sambil jalan kaki dilempar aja sampahnya dengan cuek. Tapi paling miris kalo liat ada anak kecil yang ngasihin sampahnya ke ibunya, lalu ibunya dengan enteng ngebuang sampahnya gitu aja ke selokan atau jalan.  Is it so hard to keep your trash with you until you find a trash can?? Apa susahnya ngantongin bungkus permen sampe nemu tempat sampah? Atau masukin bungkus makanan ringan ke tas sampe nyampe rumah dan lalu dibuang di tempat sampah? Dari kecil, gw selalu diajarin Ibu untuk ngantongin atau megang sampah (bungkus permen, botol minum kemasan, bungkus makanan ringan) sampe nemu tempat sampah atau sampe pulang ke rumah. Tapi kenapa orang tua jaman sekarang kebanyakan ga seperti itu? Padahal mereka yang paling kenceng protes kalo rumahnya kebanjiran karena selokannya penuh sampah. Mereka juga yang suka bi