Skip to main content

Japan Trip (Part 1 - preparation)

Sepertinya, hampir semua anak Indonesia yang mengaku angkatan 90an (lahir di 80an) bermimpi untuk pergi ke Jepang. Gimana nggak? Secara, masa kecil kami dibombardir oleh anime Jepang. Tiap minggu pagi, tontonan kami berkutat dengan Dash Yonkurou, Doraemon, Crayon Shinchan, Minky Momo, Dragon Ball, Saint Seiya, Cardcaptor Sakura, Hamtaro, Ninja Boy.... dan masih banyak lagi. Komik Jepang pun lagi booming waktu itu, misalnya Candy Candy, Sailormoon, Popcorn, Topeng Kaca, Chinmi, Yawara... *brb, ngecek koleksi komik*. Intinya, a lot of us dreamt to go to Japan.

Ga bisa dipungkiri, pergi ke Jepang butuh biaya gede. Apalagi kalo banyak maunya kayak gw. Pengennya pas sakura (peak season banget, semua mahal), trus pengen ke semua theme parks, trus pengen naik Shinkansen. Tapi pengen murah. Helaaaaaawwww???Cageur, ceu? (terj: sehat/waras, mbak?)

So, what must I do? Ya langkah awal pastinya NABUNG! Nabung tanpa target yang jelas (karena sama sekali ga kebayang di Jepang bakal ngabisin biaya berapa banyak) rada susah sih. Apalagi gw doyan makan doyan maen, duitnya abis buat senang2. Akhirnya ditarget lah nabung sejuta tiap bulan. Sengaja tabungan liburan di plot di salah satu rekening yang ga "aktif", maksudnya rekening yang ga sering dipake transaksi ini itu (misalnya dipake bayar2 tagihan dan belanja online).

Sambil nunggu tabungan kekumpul, mulai browsing2 sana sini. Niat awal mau ngatur rute sendiri, toh pergi nya juga masih lama (baca: entah kapan) jadi harusnya bisa laaah planning sendiri rute nya. Gabung grup backpacker, lumayan nambah ilmu. Well, gw agak ga sreg sih dengan penginapan tipe backpacker yang di dorm gitu, karena gw masih pengen nyaman. Bukan berarti dorm ga nyaman yaaa, ini preferensi pribadi aja. Pertimbangan gw:
1. Gw cewek dan pake jilbab, hadeuh malesnyaaa kalo di tempat nginep harus rapi2 jilbaban mulu. OK lah ada dorm khusus wanita, tapi tetep aja kan kalo barengan ma orang asing ya harus rapi lah. Misalnya pilih private room, tetep aja kamar mandi nya public. Hadeuh. Belum lagi kalo mandi pake kamar mandi umum, harus rapi banget tuh pas keluar dari kamar mandi. M A L A S !
2. Kalo di dorm kan koper harus rapi selalu supaya terjaga keamanannya. Nah, gw tipe yang koper nya terbuka lebar kalo lagi pergi traveling. Biar gampang keluar masukin barang. Jadi gw pasti akan merasa terbebani kalo harus rapi2 koper melulu.
Yah, intinya sih gw pengennya balik ke kamar itu nyaman, ga usah mikirin rapi2. Jadi sejak awal gw memilih Airbnb. Browsing2 juga Airbnb, bingung sendiri mau pilih di daerah mana. Gw targetin buat nginep itu maksimal 500rb per hari per orang. Gw rencananya pergi bertiga, so budget nya ya di 1,5jt per malem.

Makin browsing, makin banyak pengennya. Yang pasti gw harus ke Disneyland, Disneysea, dan USJ. Pengen ke Doraemon Museum juga, pengen ke Kyoto, pengen liat sakura, pengen makan belut, pengen belanja... intinya makin browsing, makin banyak pengennya, dan akhirnya pusing sendiri.

Nentuin mau berapa hari di Jepang (terkait dengan nanti pas hunting tiket murah) pun bingung. Seminggu kok kayanya terlalu sebentar. Dua minggu kelamaan, curiga ga bakal dikasih cuti selama itu. Makin lama makin bingung, kerjaan numpuk, dan akhirnya rencana bikin itinerary pun terabaikan. Belum setahun nabung, kira2 baru 8 bulan-an, tiba2 Ade bilang Ada promo tiket Cathay Pacific. Dari awal udah sepakat ma Ade dan sepupu (Endah) bahwa kita ga akan pake budget airlines. Bukannya sombong atau banyak duit, masalahnya long flight itu perlu kenyamanan yang hakiki. Mendingan nunggu promo full service airlines daripada menyiksa diri dengan leg room yang sempit. Ade pun bela2in antri tiket promo, gw pengennya CGK-KIX HND-CGK alias pergi ke Osaka dulu, baliknya dari Tokyo. Apa daya, tiket yang harganya OK adalah ke Tokyo dulu dan pulang dari Osaka. Lama perjalanan akhirnya ditentukan pas beli tiket (cari yang sesuai kantong, dapet 4jt PP) yaitu total 11 hari. Berangkat sekitar 8 bulan lagi.

Begitu tau kapan bakal berangkat, nabung nya makin kenceng. Tadinya sejuta sebulan, diganti jadi 2 juta sebulan. Trus gw akhirnya menyerah dengan niat bikin itinerary sendiri, dan mulai mencari tour yang murah. Load kerjaan lagi banyak banget, otak gw ga sanggup mikirin itinerary. Browsing tour sana sini, kebanyakan tour gede kayak dwidayatour ga bisa ngasih harga kalo berangkat nya masih tahun depan. Tour gede, tour kecil, semua sama ga bisa ngasih harga akomodasi+transportasi kalo buat taun depan. Akhirnya coba beralih ke tour yang independen semi backpacker. Nemu satu tour yang mau terima private tour bertiga pas peak season (yang lain nolak karena udah punya jadwal tour sendiri pas tanggal yang kita mau atau karena jumlah orang terlalu sedikit dan jatoh nya mahal). Hepi banget pas baca quotation dari tour yang ini, pas di kantong (sekitar 18jt per orang all in exclude personal expenses). Pas mau DP, tetiba dicancel karena tour guide nya hamil. Diperkirakan pas kita berangkat itu usia kehamilannya 8 bulan (alias kudu cuti buat melahirkan).

Akhirnya nyari2 tour lain dan inget lah sama tour punya sodara sendiri, toraberu! Langsung kontak sepupu gw, Meta, minta quotation. Toraberu bisa self-guided tour, alias ga pake tour guide. Jadi nanti kita dibikinin itinerary lengkap plus jalur2 kereta dan time table, di bookingin Shinkansen dll, theme parks tickets, dikasih saran buat penginapan (pilih sendiri, bayar sendiri, ga include di itungannya quotation), pokonya fully customized deh. Senangnyaaaa.. dari segi harga total memang lebih mahal sedikit dari tour sebelumnya (sekitar 19jt all in, udah termasuk penginapan) tapi ada perks nya dong. Include wifi portable, ticket USJ nya pake fast pass, dan dapet transport dari bandara Tokyo ke apartment. Alhamdulillah. Eh, harga yang gw tulis di atas itu berdasarkan kurs waktu itu, dan harga per orang ya.. buat gw sih cukup murah, karena target gw adalah sekitar 30jt all in (include personal expenses, flight tickets, accommodation transportation), jadi gw masih punya spare 7jt buat makan. Beli oleh2 kayanya masih kurang duitnya, nabung lagi deh makin kenceng.

Mendekati waktu berangkat, mulai nanya2 tentang ngurus visa. Di Toraberu bisa bantu sih, tapi Meta bilang jatohnya lebih mahal daripada via travel biasa. Secara kita beli tiket via dwidayatour, akhirnya minta diurusin visa nya ma dwidayatour. Pertimbangan kenapa ga ngurus visa sendiri adalah karena 2 dari 3 orang yang akan berangkat domisili nya di Bandung, which is repot yaaa kalo harus bolak balik ke Jakarta. Anyway, semua persyaratan dikumplitin (bisa liat di website kedutaan Jepang or vfs global) plus Surat keterangan sponsorship dari Bapak dan foto kopi rekening bapak yang saldonya berlebih. Sebenernya sih udah sempet nanya ama orang kedutaan apakah ada persyaratan saldo minimal untuk approval visa, dan dijawab ga ada (selama kita bisa buktiin bahwa tabungan kita akan mencukupi untuk hidup disana, trus hotel dan tiket PP udah dibayar lunas), tapi karena orang dwidayatour nya menyarankan kita untuk punya tabungan dengan saldo sekian, akhirnya kita pinjem tabungan bapak.

Next step, nanya2 fasilitas penginapan ma owner Airbnb yang bakal diinepin. Ternyata ada mesin cuci nya, so kita putusin ga bakal bawa baju banyak2, maksimal buat seminggu lah (in case baju yang dicuci belum kering). Di Tokyo kita nginep disini dan di Osaka nginep disini. Selain merencanakan barang bawaan, jangan lupa nuker duit yaaa ke yen. Ada yang bilang di Jepang ga banyak EDC machines, so kita bawa duit cash banyak2 deh. Sempet nuker di kurs 116an, tapi akhir2 sih nukernya di 120an.

Penginapan udah
Visa udah
Itinerary kasar udah
Tiket PP udah
Duit udah
Packing udah
Berangkaaat!! (To be continue in part 2)

Comments

Popular posts from this blog

Tick Tock Escape

I should have wrote this review sooner . Akhir-akhir ini lagi happening banget game detektif-detektif-an atau puzzle rooms . Awalnya denger tentang game ginian dari adikku tersayang, karena di Jakarta katanya nge- trend banget. Dia yakin aku bakalan suka game ini dan ngajakin main di Bandung. Salah satu tempat yang eksis banget itu namanya Ticktock Escape Room di Ciwalk Bandung. Awalnya nyoba main room yang level medium , pilihannya The Mansion's Heist atau Murder at Opera House. Kita main bertiga: aku, adikku, dan sepupuku. Biayanya lumayan sekali main, di atas 100 rb per orang. Biaya dan info lebih lengkap bisa liat disini . Lebih banyak pemainnya, biaya per orang nya jadi lebih murah. Kita nyoba main di Murder at Opera House. Sebelum masuk, semua HP dan tas harus disimpan di loker yang ada di luar ruangan. Pokonya masuk ke dalam ruangan itu hanya bawa diri sendiri aja, ga bawa pulpen atau apapun. Lebih baik booking dulu sebelum main, supaya room yang kita mau

A Journey To India (part 2)

So, kemaren sampe mana ceritanya? Ngurus-ngurus dokumen ya? Well, here's some more. Flight gw jam 11.50 siang dari Cengkareng, naik Malaysia Airlines. Yep, the famous MH flights yang ada di berita akhir-akhir ini. Berangkat naik Primajasa jam 5 pagi, dan pas sebelom berangkat tiba-tiba ibu naik ke bis hanya untuk ngasih tasbih. Tasbih! Bikin makin gimanaaaaaa ga sih? Hehehehe.. Well , bismillah. Here I go! Yang bikin deg-degan sebenernya adalah will I make it ? Karena biasanya pergi dinas kan berdua. At least kalo ada apa-apa, ya ada temennya. Ini sendirian banget. Serius, gw takut. Apalagi dengan tensi yang masih tinggi, ngukur sebelum berangkat di 150/100. Tapiii yaaa dijalani aja. Berangkat jam 5, nyampe bandara jam 8an. Kepagian. Mau check in , nunggu dulu lah jam 9an. Nongkrong sendirian kayak orang bingung di bandara. Sarapan roti di kursi tunggu yang di luar gate, so sad actually . I feel all alone. Abis sarapan, minum obat, nongkrong, bengong, akhirnya memut

Buang sampah

from pexels.com Selalu miris kalo liat ada yang buang sampah sembarangan. Baik itu dari mobil dilempar ke luar, buang sampah di dalam angkot, atau sambil jalan kaki dilempar aja sampahnya dengan cuek. Tapi paling miris kalo liat ada anak kecil yang ngasihin sampahnya ke ibunya, lalu ibunya dengan enteng ngebuang sampahnya gitu aja ke selokan atau jalan.  Is it so hard to keep your trash with you until you find a trash can?? Apa susahnya ngantongin bungkus permen sampe nemu tempat sampah? Atau masukin bungkus makanan ringan ke tas sampe nyampe rumah dan lalu dibuang di tempat sampah? Dari kecil, gw selalu diajarin Ibu untuk ngantongin atau megang sampah (bungkus permen, botol minum kemasan, bungkus makanan ringan) sampe nemu tempat sampah atau sampe pulang ke rumah. Tapi kenapa orang tua jaman sekarang kebanyakan ga seperti itu? Padahal mereka yang paling kenceng protes kalo rumahnya kebanjiran karena selokannya penuh sampah. Mereka juga yang suka bi