Skip to main content

A Journey to India (Part 5 - end)


Last part, I promised! :p

Minggu ketiga kita dibagi jadi 3 grup untuk industrial visit. Gw sekelompok ma Godwin, Abu, Theo, Tullu, Prossie, dan Hellen, dan kita kebagian kota Chandigarh. Kita bakal tinggal di Chandigarh 5 hari, dan akan menuju sana naik kereta. Sempet terjadi kehebohan sebelum berangkat gara-gara panitia cuma pesen satu taksi (yah, mobil van gitu sih) untuk keberangkatan grup kita yang isinya 7 orang plus satu orang panitia yang nganter kita ke stasiun. Let's imagine, mobilnya pasti dilengkapi supir dong yaaa.. Jadi kapasitasnya cuma 1 seat di depan, 2 seats di tengah (karena mobilnya pake seat terpisah, bukan seat yang manjang bisa cukup 3 orang), 3 seats di belakang. Total jenderal 6 orang, sedangkan kita ber-8, belom termasuk koper. Bagasinya kecil, koper kita semua nyaris ga muat masuk sana. Awalnya koper ga muat, lalu Prossie yang udah spanneng, turun tangan dan ngatur bagasi dan penempatan koper-koper sampe akhirnya muat. Udah gitu, stasiun keberangkatan dan jam berangkatnya pun beda-beda. Ah, pokonya heboh banget dengan banyak kesel-kesel ma panitia karena ga mikir kapasitas mobil sewaan. Akhirnya dengan satu dan lain cara, ya nyampe juga ke stasiun.

Peronnya jauuuuuuuuhhhhh... Kayanya peron ini ada di sisi lain stasiun. Yah, misalnya di Stasiun Bandung, peronnya deket ke pintu Utara tapi kita masuk dari pintu Selatan. Tapi tolong dicatat, jaraknya jauh dan kita bawa koper/tas segede gambreng pake naik-turun jembatan penyeberangan gitu. Siksaan banget. Kenapa ga turun di pintu yang lebih deket sih yaaa? Oh iya, sebelum masuk peron, barang-barang kita masuk X-Ray semua loh. Baru pertama kali nih, naik kereta tapi ada X-Ray nya buat bagasi. Pas kereta udah jalan, ternyata kita duduknya misah-misah. Masih deketan, tapi misah. Kecuali Godwin, dengan sialnya dia dapet gerbong terpisah. Katanya sih gerbongnya Godwin lebih mahal tiketnya, tapi kayanya fasilitas mah sama aja. Gw duduk sebelahan ma Prossie. AC nya dingin di kereta, dan tiket kita ternyata udah include makan. Udah dipilihin menu nya, jadi ga bisa milih. Tapi untungnya sih makanannya bisa dimakan. Lagi enak-enak nyantai, tiba-tiba ada pemeriksaan. Gw pikir cuma meriksa tiket yaa, kayak di Indonesia. Ternyata tidaaakk... Mereka ngecek bagasi juga. Yah, cuma ditanya sih ini tas punya siapa, ini punya siapa. Trus tas nya dikasih stiker gitu tanda bahwa tas itu ada yang punya. Parno kali yaaa kalo bakalan ada tas tak bertuan yang isinya aneh-aneh.

With Prossie on the train

Berdasarkan pengalaman diperlakukan kurang baik selama di Noida, kita udah parno bahwa di Chandigarh pun perlakuannya bakal sama aja. Godwin udah pegang nomer orang yang akan ngurusin kita selama di Chandigarh, namanya Mr. Singh. Kita udah suudzon bahwa dia bakal dateng telat, tapi ternyata kita salah. Mr. Singh udah siap jemput di peron dengan senyum super lebar! Oh ya, kereta di India on time looohh.. Liat senyumnya Mr. Singh, bikin hati senang. Kita langsung kenalan, trus dibawa ke mobil yang ada di parkiran. Mobilnya gede, mirip elf gitu deh. Duduk bisa nyaman. Langsung check in di hotel, nyimpen tas (I got my own room! Yang lain berdua sekamar), terus turun lagi buat makan di restoran hotel. Kamarnya bersih, ada wifi (penting, soalnya disini kan kena roaming), AC nyala dengan baik. Mr. Singh nemenin kita makan, sambil briefing buat kegiatan seminggu. Intinya sih selama seminggu akan ada beberapa orang yang nemenin kita kunjungan, belum tentu ditemenin sama dia. Tapi jangan ragu ngehubungin dia kalo perlu sesuatu. Abis makan, trus bobo deh. Nikmat banget bobonya di kasur bersih.

In front of the hotel during industrial visit. That is Mr. Singh, our handler. :p

Selama seminggu di Chandigarh, kita keliling beberapa pabrik tiap hari. Ke pabrik susu dan keju, pabrik benang dan kain, pabrik alat listrik, perusahaan IT. Intinya sih melihat bagaimana management systems dan ISO lainnya diterapkan disana. Ada pabrik yang ngasih oleh-oleh buat kita kayak senter bermacem jenis. Ada juga yang bisa belanja di outlet nya dengan harga diskon. Beli kemeja deh buat Bapak ma Ade. Abis dari pabrik, sorenya jalan-jalan dong.. Ke Rock Garden, Sukanha Lake, bahkan Mr. Singh nganterin kita belanja. Hahahaha, gw beli buku Mahabarata versi India yang bahasa Inggris. Dibantuin nyari ma Mr. Singh yang baik hati. Gw juga beli beberapa pashmina disini. Overall, Chandigarh kotanya lebih friendly daripada Noida. Kalo jalan-jalan disini rasanya lebih aman, nyaman. Jadi, ternyata India tidak semuanya buruk kok. Ada indahnya juga. Butter Chicken di hotel juga enak bangeeett... Disini gw baru kenal ma butter naan dan garlic naan (pesenan Prossie setiap makan malem), dan ya Allah itu naan enak banget. Jauh kalo dibandingin ma chapati yang selalu kita makan di Noida. 


With the friendly people of Winsome Textile Industry
With the people of Verka, one of the dairy industry we visited.
The girls at Chandigarh
Ga kerasa seminggu cepet bener berlalu. Harus balik lagi ke Noida. Sedih pisah ma Mr. Singh yang baik, karena yang menunggu kita di Noida adalah panitia yang lebih cuek. Tapi kangen juga sih ma temen-temen yang lain, penasaran ma cerita mereka pas industrial visit. Nyampe Noida, panitia yang jemput kita belom dateng dong. Hhh, beda banget ma Mr. Singh.. Kita nunggu lama ampe bosen, akhirnya nekat keluar dari peron. Eh, nunggu di luar peron pun belom nongol aja tu orang yang jemput. Banyak orang yang tidur ngemper di peron, kumuh gitu, agak sedih liatnya. Setelah sekian lama, yang jemput dateng, trus nyuruh kita masuk lagi ke stasiun karena kita keluar di pintu yang salah. Masuk lagi stasiun, naik-turun lagi jembatan penyeberangan, jalan super jauh sambil ngangkat koper yang bebannya jauh lebih berat dibanding pas berangkat karena isi belanjaan en oleh-oleh... Ga ngerti kenapa ga mobilnya aja yang muter jemput kita di pintu yang tadi.. Sampe di parkiran. Kirain panitia bakal belajar dari kehebohan pas berangkat dan menyewa mobil lebih banyak atau mobil yang lebih besar. Ternyata tidaaaaakk.. Akhirnya rombongan terpaksa dibagi dua, cewek-cewek ma Theo duluan, sisanya tinggal nunggu taksi lain.

Sampe mess udah lelah banget, fisik dan mental. Gw bilang ma Prossie dan Hellen, alangkah nikmatnya kalo bisa mandi air panas. Selama ini gw mandi air dingin, karena water heater di kamar mandi tampak ga nyala. Yah, dinginnya juga ga dingin-dingin amat siih, secara India super panas. Hellen ma Prossie ngeliatin gw dengan aneh, terus mereka nanya apakah gw ga tau cara nyalain water heater. Gw jawab, kayanya water heater gw mati. Prossie ma Hellen langsung mampir ke kamar mandi, ngeliat water heater gw, dan bilang: Tuh, tombol nyalainnya disana. Perlu dicatat, posisi water heaternya agak di atas, ga nyampe kalo diraih dengan tangan doang, dan tombol nyalainnya ada disana. Prossie bilang, naik ke dingklik, itu fungsinya tu dingklik, biar bisa mencet tombol water heater. Jadi naeklah gw ke dingklik, mencet tombol, dan nyalain air. Airnya panaaass!! Mereka nanya, jadi selama ini kamu mandi pake air dingin? Gw jawab, iya. Hahahaha, and we laugh it off. Konyol aja, baru di minggu terakhir gw tau cara nyalain water heater.

Weekend terakhir di India diisi dengan acara Delhi Sight Seeing. Naik bis, keliling tempat wisata di New Delhi dan sekitarnya. Ke Red Fort, nemu magnet kulkas disini! Hahaha, belanja deh, plus pashmina. Abis itu ke Parliament Secretariat, cuman lewat doang. Terus ke Qutub Minar, kayak menara gitu deh. Ada arabic writings nya, baguuus banget. Terus ke Lotus Temple, tadinya mau mampir tapi antriannya super panjang, dan waktu juga ga memungkinkan. Akhirnya pulang deh, diisi dengan macet-macetan edan yang disponsori dengan klakson terus membahana sepanjang jalan.

Arabic writings on Qutub Minar

Besoknya kita jalan-jalan ke TGIP (The Great India Place) lagi. Belanja terakhir, Prossie mau beli koper disini, plus mau makan Mc.D. Pas nyampe mall, udah curiga karena dari pintu yang ujung kiri kita ga boleh masuk. Udah jauh-jauh kesini masa ga boleh masuukk?? Akhirnya nyoba muter ke pintu ujung kanan, dari sini masih boleh masuk. Ya masuk deh, abis Prossie beli koper (cepet belinya, karena udah diincer dari minggu kemarin), terus nemu tempat jualan underwear. Prossie ma Hellen pengen beli, ya gw nungguin mereka nyoba. Eh, tiba-tiba lampu dimatiin dan kita diburu-buru suruh bayar karena mereka harus tutup toko. Ada apaan sih? Abis nanya berkali-kali, akhirnya dijawab, ada election jadi mereka semua harus tutup. Semuanya??? Sampe jam berapa?? Dijawab, ga tau. Kalo di Indonesia, pasti semua vote nya pagi-pagi, supaya mall jam 1an bisa buka dan beroperasi lagi. Disini ternyata berbeda. Iseng nyoba ke foodcourt, ternyata foodcourt masih buka, masih banyak yang makan. Ya udah, kita makan juga deh. Deg-deg an takut ada petugas ngusir, tapi nyatanya aman-aman aja sih. Yang buka cuma food court, sisa toko lainnya tutup, atau ada yang ngumpet-ngumpet buka (masukin pelanggan diem-diem). Yah, agak bete sih jadinya, akhirnya mutusin buat pulang aja.

Minggu selanjutnya diisi ma presentasi tentang kunjungan kita kemarin, plus nyempetin jalan-jalan dikit ngintil Salvador. Ke Lotus Temple naik MRT, kan kemaren ga sempet masuk sini. Pengalaman pertama naik MRT di India. Lumayan bersih sih MRTnya. Mungkin karena kita pergi pas hari kerja ke tempat wisata, jadi ya agak sepi. Lotus Temple indah banget pas sunset. Bersih dan tenang, mungkin karena Temple kali ya.


At Lotus Temple
Lotus Temple a bit after sunset
Ga kerasa udah 4 minggu aja di India. Hari terakhir ada makan malam penutupan sama semua pengajar dan panitia. Perwakilan dari tiap-tiap Kedubes juga diundang, dan yang dateng cuma perwakilan dari Kedubes Indonesia. Senengnyaaa, ketemu orang Indonesia. Sayang mereka ga bisa lama-lama, soalnya harus balik lagi ke New Delhi.
Keberangkatan pulang dibagi 6 grup. Yang pertama pulang adalah grup yang isinya semua orang yang berisik-berisik, pulang jam 11 malem abis acara makan malam itu. Hehehehe.. Prossie, Hellen, Godwin, Tullu, Theo, Stephen, Khatib, dan Salvador. Setelah Prossie pulang, kamarnya gw akuisisi, soalnya kamar dia paling bersih dan dingin ACnya. Beberapa lama kemudian Prossie ngasih kabar bahwa kita sebaiknya menimbang ulang koper kita masing-masing karena di bandara ketat banget. Mereka sampe harus bongkar ulang koper supaya beratnya sesuai ma persyaratan. Padahal pas packing itu, timbangan koper gw udah muter di semua orang untuk nimbang koper masing-masing. Jadilah kami semua parno dan menimbang ulang atau mempacking ulang barang masing-masing. 1,5 jam kemudian pulanglah grup 2: Sahbi, Anis, Mohammad, dan Ajmal.  Grup 3 isinya Konara doang sendirian, gw udah bangun jam 3 pagi, tapi ternyata doi udah berangkat duluan. Grup 4 isinya Abu ma Arsen, berangkat sekitar jam 7 pagi. Grup 5 isinya gw, Muto, Sameh dan Ahmed. Tersisalah Stas sendirian di grup 6, dia baru pulang besok pagi.
Perjalanan ke bandara lumayan lancar, masuk ke bandara ga ada mesin XRay di pintu masuk. Eh, cuma Muto yang dipanggil ma petugas bandara untuk masukin barangnya via XRay yang terletak agak di pinggir, diskriminasi yang jelas terlihat karena dia berkulit hitam (ya iya lah, Afrika!), dan kami berkulit putih. Abis itu pamitan, dan menuju check in counter masing-masing. Sebelum masuk ke imigrasi, lagi-lagi menyaksikan sebuah diskriminasi. Ada orang India yang kulitnya agak gelap, disuruh nimbang koper kabinnya sebelum masuk imigrasi. Sementara pas gw lewat dan nanya apakah gw juga harus nimbang koper kabin, petugasnya nyuruh gw terus aja. Jadi inget cerita Prossie, kayanya karena mereka berkulit hitam makanya petugas bandara lebih ribet. Makan burger king di bandara untuk ngabisin uang rupee, trus pulang ke Indonesia, transit Kuala Lumpur bentar. Nyampe Indonesia, keluar dari bandara dan menyaksikan lalu lintas yang ga segila di India, gw bersyukur gw tinggal disini.

Comments

Popular posts from this blog

Tick Tock Escape

I should have wrote this review sooner . Akhir-akhir ini lagi happening banget game detektif-detektif-an atau puzzle rooms . Awalnya denger tentang game ginian dari adikku tersayang, karena di Jakarta katanya nge- trend banget. Dia yakin aku bakalan suka game ini dan ngajakin main di Bandung. Salah satu tempat yang eksis banget itu namanya Ticktock Escape Room di Ciwalk Bandung. Awalnya nyoba main room yang level medium , pilihannya The Mansion's Heist atau Murder at Opera House. Kita main bertiga: aku, adikku, dan sepupuku. Biayanya lumayan sekali main, di atas 100 rb per orang. Biaya dan info lebih lengkap bisa liat disini . Lebih banyak pemainnya, biaya per orang nya jadi lebih murah. Kita nyoba main di Murder at Opera House. Sebelum masuk, semua HP dan tas harus disimpan di loker yang ada di luar ruangan. Pokonya masuk ke dalam ruangan itu hanya bawa diri sendiri aja, ga bawa pulpen atau apapun. Lebih baik booking dulu sebelum main, supaya room yang kita mau

A Journey To India (part 2)

So, kemaren sampe mana ceritanya? Ngurus-ngurus dokumen ya? Well, here's some more. Flight gw jam 11.50 siang dari Cengkareng, naik Malaysia Airlines. Yep, the famous MH flights yang ada di berita akhir-akhir ini. Berangkat naik Primajasa jam 5 pagi, dan pas sebelom berangkat tiba-tiba ibu naik ke bis hanya untuk ngasih tasbih. Tasbih! Bikin makin gimanaaaaaa ga sih? Hehehehe.. Well , bismillah. Here I go! Yang bikin deg-degan sebenernya adalah will I make it ? Karena biasanya pergi dinas kan berdua. At least kalo ada apa-apa, ya ada temennya. Ini sendirian banget. Serius, gw takut. Apalagi dengan tensi yang masih tinggi, ngukur sebelum berangkat di 150/100. Tapiii yaaa dijalani aja. Berangkat jam 5, nyampe bandara jam 8an. Kepagian. Mau check in , nunggu dulu lah jam 9an. Nongkrong sendirian kayak orang bingung di bandara. Sarapan roti di kursi tunggu yang di luar gate, so sad actually . I feel all alone. Abis sarapan, minum obat, nongkrong, bengong, akhirnya memut

Buang sampah

from pexels.com Selalu miris kalo liat ada yang buang sampah sembarangan. Baik itu dari mobil dilempar ke luar, buang sampah di dalam angkot, atau sambil jalan kaki dilempar aja sampahnya dengan cuek. Tapi paling miris kalo liat ada anak kecil yang ngasihin sampahnya ke ibunya, lalu ibunya dengan enteng ngebuang sampahnya gitu aja ke selokan atau jalan.  Is it so hard to keep your trash with you until you find a trash can?? Apa susahnya ngantongin bungkus permen sampe nemu tempat sampah? Atau masukin bungkus makanan ringan ke tas sampe nyampe rumah dan lalu dibuang di tempat sampah? Dari kecil, gw selalu diajarin Ibu untuk ngantongin atau megang sampah (bungkus permen, botol minum kemasan, bungkus makanan ringan) sampe nemu tempat sampah atau sampe pulang ke rumah. Tapi kenapa orang tua jaman sekarang kebanyakan ga seperti itu? Padahal mereka yang paling kenceng protes kalo rumahnya kebanjiran karena selokannya penuh sampah. Mereka juga yang suka bi