Skip to main content

A Journey To India (part 1)

Greetings from India! Hehehehe... I got some stories to share.

First, what the heck with the H-4 announcement that I'm accepted in this training program? Tensi gw langsung naik seminggu kemarin,160/105! Anyhoo, here's the complete story. Jumat, 22 Agustus, ditawarin dinas ke Balikpapan ma bos. Gw dan bos pikir, udah tanggal segitu juga, ga mungkin dapet lah training ke India nya. Secaraaa trainingnya mulai tanggal 1 September, dan belom ada pemberitahuan, dan ga mungkin sempet ngurus setkab plus exit permit Kemlu. O ya, FYI, kami pegawai negeri kalo mau pergi dinas ke luar negeri akan butuh satu surat sakti berjudul setkab yang dikeluarin oleh Sekretariat Negara, plus exit permit yang dikeluarin oleh Kementerian Luar Negeri berdasarkan setkab itu. Based on experience, ngurus setkab ga pernah sebentar. It took approximately a week. So, diputuskanlah gw ke Balikpapan, berangkat Senin sore dari Cengkareng. Pesawat jam set6 sore, dan dengan sintingnya Primajasa penuh jadi terpaksa berangkat dari Bandung jam 10 pagi. Nongkrong ber jam-jam di bandara. Nyampe Balikpapan malem, makan, trus tidur. Kerja mulai Selasa, begadang sampe pagi dan gagal. Rabu masuk kilang agak lebih sore, supaya ga kemaleman selesai gawe nya. Seperti biasa, kalo masuk kilang, ga boleh bawa HP. HP ditinggal di mobil. Inilah awal keriweuhan gw.

Kita gawe sampe pagi lagi, gagal lagi, dan rencananya diterusin lagi ntar malem. Kamis subuh, kira2 jam set3 pagi baru keluar dari kilang. Masuk mobil, nyalain HP dooonng, wondering what did I miss in the social media world. Tiba2 TING, ada e-mail masuk. Dari Deepak. That name sounds Indian-ish... Pas dibuka e-mailnya, I GOT ACCEPTED! Gw liat jam kirim e-mailnya, Rabu, 17.26. Gw udah masuk kilaaaanngg... Damn. What should I do? Akhirnya, ga bisa tidur sampe pagi. Sarapan udah kayak zombie. Abis sarapan, nelpon bos di Bandung, konsultasi. Disuruh pulang, tapi kan ga bakal sempet urus setkab, blablabla. Akhirnya, first things first, bales e-mail dulu. Nanya, boleh ga dateng telat 2-3 hari karena kemungkinan besar bakal telat gara2 ngurus paperwork. Mr. Deepak said OK. Trus ngabarin orang Roren alias Biro Perencanaan, sambil forward e-mailnya, sambil nanya ini gimanaaa? I panicked. Ternyata orang Roren belom tau kabar gw diterima. Good! Mereka bilang surat2 bakal dibantu ngurusnya, coba hubungi kedutaan India nya.

Itu kedutaan yaaaa, ditelponin dari pagi kagak ngangkat telepon! Jam 12 kurang, gw sms orang Pertamina nya, minta dicariin tiket pulang. Gw packing, dan nunggu balesan dari Pak Fery orang Pertamina. Sampe sore ga bales sms, ditelpon ga aktif, pasti ada di dalem kilang. Kita ampe ga dijemput buat diajak makan siang. Gw ga bisa pulang gitu aja, KTP gw masih ditahan di Pertamina buat ijin masuk kilang.

Akhirnya kedutaan ngangkat telpon jam 2an, operatornya ngomong bahasa Inggris dan gw dihubungkan ke Bu Amdheeni. Dia bilang dia juga baru tau kabar gw diterima, *nice right?*, dan gw diminta dateng untuk urus visa Jumat jam 10 pagi. Dipikir2, gw mungkin bakal butuh foto untuk ngurus visa, exit permit dll. Jadi, gw keluar sendirian dari hotel nyari tempat cetak foto. Ga nemu. Yang ada adalah digital printing. Ah, sudahlah. Daripada besok riweuh harus nyetak foto, mending di digital printing aja. 4 lembar 4x6 dibandrol 10rb. Gw ngeprint banyak, total 40rb. Ngeprint nya lamaaaaa.. Pulangnya mampir mini market beli popmie. Sebenernya ga ngerasa laper, saking paniknya. Tapi perut harus diisi biar ga sakit.

Pak Agus, rekannya Pak Fery datang menjemput jam berapa cobaaa? Jam set7 malem sodara2! Gw langsung bilang gw harus pulang malam itu juga, karena dengan sialnya, paspor gw ada di Bandung. Akhirnya, tanpa ngajak makan malam dulu, langsung cabs ke Pertamina. Ambil KTP, manggil Pak Fery. Sementara Pak Dadang langsung masuk kilang untuk nerusin gawe. Pak Dadang sebenernya keberatan ngebiarin gw pulang sendirian, malem2 pula, tapi karena udah janji mau gawe malem ini yaaa harus ditepati.

Pak Fery datang, langsung cuss ke tour travel dengan harapan bisa beli tiket dulu biar jalan ke bandaranya agak tenang. Pesawat terakhir itu jam 21.50 yaaa... Di tour travel udah ga bisa beli tiket, langsung cuss bandara. Lari2an nyari sales center nya Garuda Indonesia, ga ada mirip2nya sama adegan AADC siihh... Daaan, akhirnya dapet tiketnya! Setelah pamitan ma pak Fery, gw coba beli tiket kereta ke Jakarta jam 5 subuh hari Jumat. Kalo lagi panik dan buru2 itu cobaan pasti datang bertubi2 kan ya? Jadi proses beli tiket di Padi Train nya gagal melulu. Nelpon Rimba, minta dibeliin tiket, malah diomelin. Hhh... Setelah ngomel2 balik, dan awalnya dia ga mau nalangin tiketnya dulu sampe gw omel2in lagi, akhirnya dapet tiket di tangan.

Sampe Cengkareng dengan selamat, naik bus Primajasa jam 11 malem, masuk rumah jam set3 pagi. Langsung ganti tas buat ke Jakarta, apply visa India online, ngeprint2, dan liat jam.... Udah jam set4 pagi. Ga sempet tidur. Mandi, ganti baju, kasih makan burung, dan taksi udah menunggu dengan manis jam 4.15. Berangkat ke stasiun, ngeprint tiket, naik kereta, dan pas kereta jalan jam 5.05 mulai kriyep2 ngantuk. Tidurnya nyenyak, sampe akhirnya dibangunin kondektur buat periksa tiket, dan sempet bengong kayak orang bego karena lupa nyimpen tiketnya dimana. Jam 8 pagi ditelpon ma Bu Dina, orang Setneg. Dia bilang dia baru tau kalo gw keterima training pagi itu. Dia janji bakal bikinin surat setkabnya pagi itu juga, semoga sehari kelar jadi Senin bisa urus exit permit di Kemlu. Agak sedikit lega, walau harusnya jangan, karena gw pikir minimal setkab nya juga bisa kelar sehari, gw paling tanggal 2 udah sampe India.

Anyhoo, sampailah dengan selamat di Kemendag jam set9 pagi, dimana orang Roren nya belom dateng. Dateng2 jam 9 pagi, riweuh konsultasi ma ambil surat, trus cuss ke kedutaan. Ternyata, Bu Amdheeni itu nama sebenernya adalah Andhini, which is orang Indonesia. Gubraks. Lamaaaaaa nunggu dia mau nerima kedatangan gw, padahal dia yang nyuruh gw dateng jam 10. Akhirnya masuk kedutaan, again ga boleh bawa barang bawaan apapun kecuali dokumen, HP juga ditinggal, dan ketemu Bu Andhini setelah menunggu sekian lama. Dia keukeuh supaya gw pake paspor ijo aja supaya ga usah ngurus exit permit, dan gw keukeuh mau pake paspor biru. Biar gimanapun ini dinas cuuyy, kalo ada apa2 negara ga tanggung jawab kalo gw pake paspor ijo. Gw juga minta visa sehari jadi supaya urus exit permitnya lancar. She said OK, ambil paspor dan visa nya ntar sore jam 4. Sementara ini masih jam 11 yaaa... Gw bingung mau nongkrong dimana. Dengan batre hp yang udah sekarat, tanpa bawa charger pula. Setelah ditimbang2, balik aja lah ke Kemendag, lapor ke Roren, trus semoga bisa nongkrong di tempat Irma.

Allah memang baik... Irma paaas banget baru kelar meeting. Jadi gw numpang ngecharge plus maksi bareng. Sempet berbuat bodoh dengan akan masuk ke mesjid, totally forgot that it was Friday dimana mesjid bakal penuh ma LAKI-LAKI yang Jumatan. Untung diingetin ma temen. Dapet gosip dari Bapak kalo jam 3 itu Kuningan, tempat kedutaan berada, udah macet. Jadi sebaiknya berangkat jam 2an. Karena nyampe kedutaan nya obviously kepagian, yaaa nongkrong di warung nasgor depan kedutaan. 15rb, mayan lah buat seporsi nasgor. Pas mau ambil visa, orang2 lain kan bawa resi warna merah yaaa sebagai bukti, lah gw ga punya resi itu. Jadi pas dipanggil ke loket, gw bilang aja bahwa tadi paspornya langsung diserahkan ke Bu Andhini. Tau orang loketnya bilang apa? "Oh, yang GRATIS ya?". Hellooooww, gw diundang ma negara India, it should be free of charge! Jeez... Abis ambil paspor dan visa, balik lagi ke Kemendag buat nitipin paspor biru. Telpon2an ma bapak, janjian pulang bareng. Jemput lil bro di kantornya, ketemuan ma bapak dan pulang ke Bandung. Nyampe rumah jam 11, ga langsung bisa tidur. Gulang guling dulu sana sini.

Hari Sabtu belanja ma Endah, beli sepatu item buat di India, beli ini beli itu, obat2an udah pasti, abis hampir 2jt. Belom apa2 udah tekor duluan. Hihihi... Hari Minggu mulai packing. Packingnya ga kelar2 karena baju2 yang mau dibawa masih dicuci.

Senin, pamitan ma bos2 walau masih ga jelas kapan berangkatnya. Pas ngadep pak Dir, disuruh bikin surat ke KBRI. Riweuh nyari konsep suratnya karena orang SK ga ada semua. Sore2 surat itu kelar, sambil follow up keberangkatan artefak interkomparasi dan hibah kerjaan ke Andit. Sambil panik, karena pas nelpon orang Roren ternyata setkab nya ditunggu ampe Senin sore belom selesai. Bu Dina nya jam 3an udah ngilang. What the.....???

Selasa, ngantor. Follow up orang Roren jam 10, katanya setkab udah keluar. Minta di issued aja tiketnya ma kedutaan India untuk ngepush orang Kemlu. Bu Andhini pake ngancem, kalo exit permit ga keluar sore ini, gw harus bayar biaya pengunduran tiket ke airline nya. Ya sudah, nekat aja. Tiket minta dikirim ke e-mail. Berangkat ke Jakarta naik travel jam 11. Nyampe Kemendag jam 2, itu tiket belom di e-mail juga. Setelah diingetin lagi Bu Andhini nya, akhirnya e-mail datang jam 3, dan gw nongkrong lagi di tempat Irma sampe orang Roren bilang exit permit kelar.

Jam set6 lebih exit permit baru kelar, naik travel balik ke Bandung jam set8 malem, kelarin packing... Jam 5 subuh berangkat ke Cengkareng pake Primajasa. Woohoo! Di Cengkareng kleyengan gara2 tensi naik.

Segini dulu deh ceritanya. Ntar lanjut lagi. Wish me luck!

Comments

Popular posts from this blog

Tick Tock Escape

I should have wrote this review sooner . Akhir-akhir ini lagi happening banget game detektif-detektif-an atau puzzle rooms . Awalnya denger tentang game ginian dari adikku tersayang, karena di Jakarta katanya nge- trend banget. Dia yakin aku bakalan suka game ini dan ngajakin main di Bandung. Salah satu tempat yang eksis banget itu namanya Ticktock Escape Room di Ciwalk Bandung. Awalnya nyoba main room yang level medium , pilihannya The Mansion's Heist atau Murder at Opera House. Kita main bertiga: aku, adikku, dan sepupuku. Biayanya lumayan sekali main, di atas 100 rb per orang. Biaya dan info lebih lengkap bisa liat disini . Lebih banyak pemainnya, biaya per orang nya jadi lebih murah. Kita nyoba main di Murder at Opera House. Sebelum masuk, semua HP dan tas harus disimpan di loker yang ada di luar ruangan. Pokonya masuk ke dalam ruangan itu hanya bawa diri sendiri aja, ga bawa pulpen atau apapun. Lebih baik booking dulu sebelum main, supaya room yang kita mau

A Journey To India (part 2)

So, kemaren sampe mana ceritanya? Ngurus-ngurus dokumen ya? Well, here's some more. Flight gw jam 11.50 siang dari Cengkareng, naik Malaysia Airlines. Yep, the famous MH flights yang ada di berita akhir-akhir ini. Berangkat naik Primajasa jam 5 pagi, dan pas sebelom berangkat tiba-tiba ibu naik ke bis hanya untuk ngasih tasbih. Tasbih! Bikin makin gimanaaaaaa ga sih? Hehehehe.. Well , bismillah. Here I go! Yang bikin deg-degan sebenernya adalah will I make it ? Karena biasanya pergi dinas kan berdua. At least kalo ada apa-apa, ya ada temennya. Ini sendirian banget. Serius, gw takut. Apalagi dengan tensi yang masih tinggi, ngukur sebelum berangkat di 150/100. Tapiii yaaa dijalani aja. Berangkat jam 5, nyampe bandara jam 8an. Kepagian. Mau check in , nunggu dulu lah jam 9an. Nongkrong sendirian kayak orang bingung di bandara. Sarapan roti di kursi tunggu yang di luar gate, so sad actually . I feel all alone. Abis sarapan, minum obat, nongkrong, bengong, akhirnya memut

Training online? Makhluk apa itu?

Pernah denger training online? Makhluk apa sih itu? 😅 Awalnya baca postingan FB seorang teman lama, dia abis ikut training menulis secara online dan lagi gencar-gencarnya mempromosikan training tersebut. Trus mikir, hmm... should I try this kind of training? Secaraaaa biasanya kalo ikutan training/diklat/kursus/whatever the name is, selalu ikut secara offline. Offline, artinya masuk kelas, ketemu muka sama yang ngajar, have a one on one experience at some point. Tapi lalu mikir, dengan hectic nya kerjaan saat ini (my schedule until Indonesia’s Independence Day already full booked), kapan gw punya waktu untuk training offline? Sementara blog ini semakin lama semakin berdebu dan telantar, bahkan draft blog post pun ga nambah-nambah. Padahal masih punya utang nyelesein cerita Japan trip tahun lalu. Yes, tahun lalu berangkatnya. Ceritanya ga kelar-kelar ampe sekarang. Hiks. 😭 Taken from Rahayu Asda post on FB Akhirnya setelah banyak mikir, daftar deh buat ikutan Tr